Dinas P dan K Kab. Way Kanan Hadiri Rakor dan Sosialisasi Program Direktorat SMP

authorAdministrator date08 April 2021 comments353 Dilihat

Guna memastikan seluruh informasi program maupun kebijakan di tingkat pusat dapat diterima dengan baik oleh penyelenggara pendidikan di tingkat daerah, Kemendikbud melalui Direktorat SMP menggelar Rapat Koordinasi, Sosialisasi Program Direktorat SMP, dan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka pada hari Minggu – Selasa (4 – 6 April 2021) di Jakarta, dan dalam Rakor tersebut dihadiri oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Way Kanan yang di wakili oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Bintang Aria, S.Pd.

Pada Rakor tersebut dibuka langsung oleh Jumeri, S.TP., M.Si. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah serta Drs. Mulyatsyah, M.M selaku Direktur Sekolah Menengah Pertama.

Dalam sambutannya, Mulyatsyah menyampaikan sejumlah laporan kegiatan, yakni terkait tujuan penyelenggaraan acara, rangkaian acara, sekaligus gambaran sekilas program-program Direktorat SMP yang akan disampaikan oleh masing-masing Kepala Bidang.

“Direktorat SMP ingin memastikan bahwa informasi-informasi yang didapat oleh Kepala Dinas juga sampai kepada pemangku kepentingan di level menengah sebagai penanggung jawab sekolah,” ujar Mulyatsyah pada pembukan di hari pertama.

Dalam kesempatan yang sama, Jumeri, S.TP., M.Si. selaku Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah juga menyampaikan arahan sekaligus membuka acara secara resmi.  Beliau menekankan pentingnya komunikasi yang baik guna terciptanya kerjasama sinergis antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam menyelenggarakan pelayanan pendidikan.

“Kita perlu memastikan hubungan pusat dan daerah itu baik, komunikasi dilakukan intensif agar hubungan berjalan dengan baik. Salah satu bentuk komunikasi adalah melalui pelaporan Dapodik, karena itu sangat penting agar kami bisa mengambil keputusan dengan tepat,” ujar Jumeri.

Selain itu, beliau memberikan beberapa contoh permasalahan di lapangan yang sekiranya dapat diantisipasi agar tidak terjadi di kemudian hari. Arahan kepada dinas pendidikan terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), BOS, Asesmen Nasional, dan juga Pembelajaran Tatap Muka (PTM) juga tak luput disampaikan.

Pada hari kedua, acara diisi dengan berbagai paparan terkait PTM, PPDB, Pemaparan Kegiatan dari masing-masing bidang di Direktorat SMP,  serta sharing session terkait penyelenggaraan PTM terbatas di SMP Negeri 1 Dramaga. 

Materi pertama dibawakan langsung oleh Direktur SMP terkait PTM. Beliau mengimbau agar seluruh SMP melakukan persiapan agar dapat segera membuka PTM, dimana vaksinasi guru dan tenaga kependidikan merupakan persiapan awal yang wajib dilakukan. 

Berlanjut ke sesi berikutnya, Dr. Chatarina Muliana, SH.,SE.,M.H selaku Inspektur Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyampaikan paparan terkait PPDB. Beliau menegaskan manfaat pendidikan berbasis zonasi. 

“Itu tanggung jawab kita. Jadi jangan sibuk membiayai anak ‘sebelah’ kalau di lingkungan kita masih ada anak yang belum terlayani pendidikannya,” tegas Chatarina.

Dalam kesempatan yang sama, Chatarina juga menyampaikan poin-poin yang tak kalah penting seperti penetapan zonasi dalam PPDB, jalur-jalur dalam PPDB, termasuk tahap pelaksanaan PPDB.

Paparan selanjutnya mengenai Rancangan Kegiatan Bidang Peserta Didik Tahun 2021 oleh Maulani Mega Hapsari, S.IP, MA, Kepala Bidang Peserta Didik Direktorat SMP. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan dua program utama dari Bidang Peserta Didik, yakni program UKS dan Ekstrakurikuler.

Harnowo Susanto, S.E, M.Ed selaku Kepala Bidang Sarana Prasarana Direktorat SMP, juga turut menjabarkan program utamanya seperti Unit Sekolah Baru (USB) dan bantuan peralatan TIK untuk sekolah. Beliau menjelaskan secara detail terkait alur mekanisme dari kedua program tersebut kepada para peserta.

Paparan dari Dra.Ninik Purwaning Setyorini, M.A, Kepala Bidang Penilaian Direktorat SMP, juga menjadi salah satu sesi penting yang diikuti oleh para peserta. Ninik menjelaskan setidaknya ada program utama dari Bidang Penilaian yang akan dilaksanakan di tahun 2021, yaitu Pembinaan Kinerja Sekolah, Asesmen Nasional, serta Penguatan Implementasi Kurikulum. 

Menjadi materi pamungkas, paparan dari Bidang Tata Kelola Direktorat SMP disampaikan oleh Eko Susanto, S.E, M.Si.selaku Kepala Bidang Tata Kelola. Ia menjelaskan 3 (tiga) program utama Bidang Tata Kelola Tahun 2021, yaitu program Sekolah Penggerak, program Manajemen Berbasis Sekolah, dan program DAK Fisik. Materi dari Bidang Tata Kelola menjadi materi terakhir sekaligus menutup acara Rapat Koordinasi, Sosialisasi Program Direktorat SMP, dan Persiapan Pembelajaran Tatap Muka.

Kegiatan ini terselenggara dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak, memakai masker, dan melakukan tes antigen sebelum acara dimulai.

 

Tag :